Manusia yang Terkena Kuman Leptospira==>> yang Ditularkan Tikus akan Mengalami Ini

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, mengimbau masyarakat Kota B.a.n.d.u.n.g. untuk tidak menganggap enteng penyakit leptospirosis. 




Sebab, dampak terberat akibat penyakit yg ditularkan melalui tikus ini ialah meninggal dunia.

Kepala Bidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan Dinkes Kota B.a.n.d.u.n.g., Susatyo Triwilopo, mengatakan, manusia yg terkena oleh kuman leptospira akan mengalami gejala panas, demam dan nyeri otot. Kuman yg masuk ke tubuh, akan menyebar secara cepat ke organ tubuh manusia seperti ke ginjal dan hati.

Maka dari itu, ia meminta masyarakat untuk tidak menganggap enteng penyakit ini. Jika masyarakat mengalami gejala penyakit tersebut, pihaknya menganjurkan untuk segera memeriksa ke fasilitas kesehatan terdekat.
"Ketika sudah di rumah sakit, penanganannya sesuai SOP rumah sakit diberikan antibiotik dan penanganan umum," ujar Susatyo kepada Tribun melalui sambungan telepon, Minggu (1/5/2016).

Susatyo mengatakan, bagi penderita yg tidak memiliki komplikasi penyakit lain, penanganan di rumah sakit akan lebih cepat. Pemberian antibiotik secara rutin dan teratur, akan menghilangkan kuman yg ada di dalam tubuh.
"Satu minggu juga sudah membaik kalau tidak ada komplikasi apapun," katanya.

Susatyo mengatakan, selama tahun ini dari Januari hingga April, sudah ada tiga warga Kota B.a.n.d.u.n.g. menjadi korban penyakit leptospirosis. Satu di antaranya warga Sukahaji, Kota B.a.n.d.u.n.g. meninggal akibat penyakit ini. Lalu, dua orang dirawat merupakan warga Kopo.

"Ini kan dari Januari tiga orang ini. Beda-beda waktunya. Satu orang sudah membaik, satu lagi masih dirawat," katanya. (*)


Sumber ;http://jabar.tribunnews.com/2016/05/01/manusia-yang-terkena-kuman-leptospira-yang-ditularkan-tikus-akan-mengalami-ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manusia yang Terkena Kuman Leptospira==>> yang Ditularkan Tikus akan Mengalami Ini"

Posting Komentar